Mengenal Jamu Empon-Empon Yang Baik Untuk Kesehatan Dan Resep Pembuatannya

Empon-empon adalah sebutan untuk tanaman herbal dengan bentuk rimpang seperti jahe, temulawak kunyit, kencur, sunti dan temu putih. Empon-empon merupakan minuman khas nusantara yang berasal dari kata empu yang berarti rimpang. Selama ini, empon-empon diyakini mampu meningkatakan imunitas tubuh dan mencegah penyakit.

Pada masa pandemi Covid-19, empon-empon diyakini sebagai salah satu jenis pengobatan alternatif untuk mencegah dan meningkatkan imunitas tubuh. Empon-empon diyakini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat jamu empon-empon bagi kesehatan

Manfaaat Jamu Empon-Empon Untuk Kesehatan 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu bahan pembuatan jamu ini adalah jahe dan kunyit, kunyit mengandung senyawa kurkumin, yaitu sifat antiperadangan dan antioksidan yang cukup tinggi. Jahe memiliki senyawa gingerol  yang dapat melawan peradangan dan memiliki sifat antioksian yang cukup kuat untuk mengembalikan imunitas tubuh yang menurun.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Bahan campuran pembuatan jamu ini adalah temulawak. Temulawak mangandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, fenol dan juga kurkumin yang  baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan sifatnya ini jamu ini diyakini dapat melindungi lambung dari resiko gangguan pencernaan, seperti maag dan asam lambung.

3. Menghangatkan tubuh

Kombinasi dari jahe, serai, kunyit dan temulawak dalam racikan empon-empon dapat menghangatkan tubuh yang membuat teman-teman merasa lebih sehat. Karena bahan-bahan tersebut mengandung senyawa gingerol dan kurkumin yang bekerja untuk meningkatkan suhu inti tubuh dn melancarkan peredaran darah.

Setiap orang mungkin memiliki racikan jamunya sendiri-sendiri, dengan variasi jenis rimpang sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Berikut resep pembuatan jamu empon-empon yang sederhana dan mudah untuk dibuat :

Resep Jamu Empon-Empon

Bahan :

50 gram jahe

50 gram kunyit

50 gram temulawak

50 gram sereh

4 batang kayu manis

1,5 liter air mineral

50 gram gula aren

Cara Pembuatannya :

1.  Cuci seluruh bahan seperti yang disebutkan diatas. Lalu kupas dan iris jahe,temulawak dan kunyit sesuai selera.

2. Setelah semua bahan siap, cukup digeprek sampai aromanya keluar

3. Rebus hingga mendidih, aduk terus hingga benar-benar larut

4. Matikan api, biarkan sampai hangat atau dingin. Sudah bisa disajikan

Pada dasarnya, empon-empon masih dalam kelompok minuman jamu. Sebagai minuman atau pengobatan tradisional, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara teratur. Namun meski bahan yang digunakan adalah alami, bukan berarti 100% aman untuk kesehatan. Terutama  jika Anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit ginjal atau gangguan hati sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Begitu juga pada ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan mengenai apakah Anda boleh mengonsumsinya, dan jika boleh bahan apa saja yang dapat Anda gunakan untuk meracik empon-empon.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh