10 Manfaat Jamu Loloh Cemcem Lengkap Dengan Resepnya, Minuman Sehat Khas Bali

Manfaat Loloh Cecem Lengkap Dengan Resepnya (Foto:Pinterest/@Selera Nusantara)

Minuman jamu tradisional Bali yang akan kita bahas kali ini adalah loloh cemcem. Loloh cemcem adalah minuman produksi rumahan dari Desa Panglipuran, Kabupaten Bangli.

Loloh sendiri merupakan jamu tradisional yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Bali untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka. Biasanya, loloh dibuat dari bahan seperti kunyit atau temulawak, tetapi loloh cemcem ini spesial karena terbuat dari daun kecemcem.

Seperti yang dilansir dari laman djkn.kemenkeu, loloh cemcem semacam jamu tradisional yang dikonsumsi masyarakat Bali untuk menjaga kesehatan tubuh. Loloh cemcem terbuat dari daun kecemcem atau kedondong hutan. Daun ini digunakan sebagai bahan baku minuman sejak zaman penjajahan dan diyakini memiliki banyak khasiat.

Yang menarik, loloh cemcem sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Minuman ini terkenal dengan khasiatnya untuk mengatasi panas dalam.

Sejak sekitar tahun 2014-2015, loloh cemcem mulai populer dalam kemasan botol air mineral. Meskipun diproduksi di Kabupaten Bangli, sekarang ini kamu bisa menemukan loloh cemcem di beberapa warung di seluruh pulau Bali.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang minuman loloh cemcem ini. Misalnya Kandungan Loloh Cemcem yang kaya akan antioksidan dan khasiatnya untuk menjaga kesehatan pencernaan serta menurunkan panas dalam tubuh.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa loloh cemcem yang kamu konsumsi adalah yang berkualitas dan aman, terutama jika dibeli dalam kemasan botol.

Lantas apa saja manfaat jamu loloh cemcem untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Yuk simak secara lengkap minuman khas bali di bawah ini.

Manfaat Loloh Cemcem

Berikut ini bebrapa manfaat loloh cemcem bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui, antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamu loloh cemcem mengandung senyawa aktif yang dapat mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu melawan infeksi dan penyakit.

2. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam loloh cemcem, seperti flavonoid dan polifenol, dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Menyehatkan pencernaan

Beberapa bahan dalam loloh cemcem, seperti jahe, dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti mual, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menurunkan peradangan

Jamu loloh cemcem mengandung senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Mengatasi panas dalam

Salah satu manfaat khusus dari loloh cemcem adalah kemampuannya untuk mengatasi panas dalam, yaitu kondisi di mana tubuh mengalami ketidakseimbangan panas yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah kesehatan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa kandungan dalam loloh cemcem, seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, seperti melindungi jantung dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Menyegarkan dan memberikan energi

Jamu loloh cemcem dapat memberikan sensasi menyegarkan dan meningkatkan energi karena kandungan bahan-bahan alami yang digunakan.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam loloh cemcem dapat membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit, membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kelembapan kulit.

9. Meningkatkan kesehatan ginjal

Meningkatkan kesehatan ginjal termasuk kategori manfaat loloh cemcem, karena bahan dalam loloh cemcem memiliki sifat diuretik yang dapat membantu membersihkan ginjal dan merangsang produksi urin, membantu menjaga kesehatan ginjal.

10. Menenangkan sistem saraf

Salah satu manfaat loloj cemcem adalah menenangkan sistem sarah, karena beberapa bahan dalam loloh cemcem, seperti daun kecemcem, dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf, membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Resep Loloh Cemcem

Berikut adalah resep dasar untuk membuat loloh cemcem yang perlu diketahui, antara lain:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

10 lembar daun kecemcem segar

1 ruas jari jahe, parut halus

2 sendok makan gula aren atau gula merah, sesuai selera

500 ml air

Cara Membuatnya:

  • Cuci bersih daun kecemcem dengan air mengalir. Buang tangkainya dan sisihkan.
  • Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  • Setelah air mendidih, masukkan daun kecemcem dan jahe parut ke dalam panci. Biarkan mendidih selama sekitar 15-20 menit agar bahan-bahan melepaskan rasa dan nutrisi mereka ke dalam air.
  • Kemudian, saring loloh cemcem dengan menggunakan saringan atau kain kasa bersih untuk memisahkan ampas dan mendapatkan airnya.
  • Tambahkan gula aren atau gula merah ke dalam loloh cemcem panas dan aduk hingga gula larut sepenuhnya. Sesuaikan jumlah gula sesuai dengan selera manis yang diinginkan.
  • Biarkan loloh cemcem dingin sampai suhu ruangan atau dinginkan di dalam lemari es.
  • Setelah dingin, loloh cemcem siap disajikan. Kamu bisa menambahkan es batu atau hiasan daun kecemcem segar untuk tampilan yang lebih menarik.
Itulah pembahasan tentang manfaat loloh cemcem lengkap dengan resepnya, minuman sehat khas bali. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan rajin minum jamu.

Posting Komentar

0 Komentar