Meminum Jamu Salemanis untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu penyakit menakutkan untuk manusia khususnya orangtua lantaran dapat memicu berbagai penyakit fatal, antara lain stroke dan jantung.

Ternyata untuk mengendalikan kolesterol jahat ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi Jamu Salemanis. Bahan utama pembuatan jamu ini adalah Serai.

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora MSi (Herb) menyebut, serai mengandung antibakteri, antifungi, antioksidan serta tanin. Kandungan-kandungan berkhasiat tersebut mampu menjaga tubuh tetap sehat termasuk membantu menstabilkan kolesterol.

"Jika dikonsumsi secara optimal, dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh salah satunya dari kolesterol. Selama tidak melebihi dosis, tidak apa-apa setiap hari dikonsumsi karena bahan-bahan dapur memiliki uji toksisitas yang sangat aman," ujarnya.

Tak sendirian, serai baiknya dikonsumsi beriringan dengan bahan dapur lain seperti kayu manis. Ternyata, kandungan di kayu manis sendiri memiliki antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

Perlu diingat, minuman ini bukan pengganti obat. Apabila penyandang kolesterol mengonsumsi obat dokter, maka dijeda 2-3 jam setelah meminum obat boleh mengkonsumsi Jamu ini.

"Sebaiknya jarak 2-3 jam dari obat dokter. Boleh setelah makan. Kalau tidak pakai lemon, bisa dikonsumsi sebelum makan karena serai juga berfungsi untuk tukak lambung. Campurkan madu sesaat sebelum mengonsumsi," imbuhnya.

Berikut ini resep pembuatan Jamu Salemanis yang dapat menurunkan Kolesterol.

Bahan:

4 batang Sereh

1 buah lemon

2 jari kayu manis

Madu secukupnya

Cara membuat:

1. Iris atau geprek serai, masukan ke dalam air. Tambah dengan kayu manis. Diamkan hingga mendidih.

2. Disarankan menutup panci selama mendidihkan air agar minyak atsiri tak keluar.

3. Kecilkan api dan matikan. Lalu tambahkam perasan air lemon. Tak dianjurkan menambah lemon saat masih merebus air karena dapat merusak antioksidan di dalamnya.

4. Saring dan sajikan segelas jamu salemanis dengan tambahan madu.

Selain dapat menurunkan kolesterol, ternyata bahan utama pembuatan jamu ini memiliki dampak dan manfaat lainnya untuk kesehatan lainnya.

Terdapat beberapa manfaat dari serai seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit.

Pada bahan serai ini terdapat kandungan minyak yang disebut dengan minyak atsiri. Minyak ini memiliki juga memiliki manfaat terhadap lingkungan sekitar, seperti mengusir nyamuk, menyegarkan udara dan mengurangi stress.

Pada akhirnya, ramuan Jamu Salemanis ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi ramuan ini secara berlebihan juga tidak baik, disarankan kepada penderita agar meminumnya setelah makan atau perut tidak dalam keadaan kosong. Agar menghindari terjadinya komplikasi atau menyebabkan munculnya penyakit lain.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Jamu Salemanis yang dapat menurunkan Kolesterol. Semoga bermanfaat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh