Manfaat Ramuan Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Tubuh

Jamu Kunyit Asam adalah minuman tradisional yang merupakan minuman herbal dan jamu yang popular di masyarakat, bahan yang di gunakan tidak hanya sebagai bumbu masakan tetapi juga sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Adapun bahan – bahan yang di gunakan untuk membuat jamu kunyit asam adalah

·        200 gram kunyit,

·        250 gram gula merah

·        100 gram asam jawa

·        1.500 ml air

·        1/2 sendok teh garam

Cara membuat Jamu Kunyit Asam adalah sebagai berikut:

·        Bakar kunyit kemudian parut dengan halus

·        Rebus kunyit dan semua semua bahan lainnya sampai mendidih. Saring dan dinginkan. Simpan di botol kaca jika ingin disimpan di kulkas.

·        Kunyit asam bisa dinikmati panas atau dingin.

Sesudah mengetahui bahan - bahan dan cara membuatnya maka yang harus kita tahu juga bahwa Jamu Kunyit Asam memilik banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu:

Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah asam memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes, tidak terkecuali kunyit yang mampu menurunkan kadar gula darah. Manfaat ini adalah efek dari sifat antiinflamasi kunyit dan asam, Toppers. Ketika peradangan di tubuh mereda, tubuh dapat merespon hormon insulin dengan lebih baik sehingga glukosa di tubuh bisa diambil menjadi energi. Selain itu, kunyit juga memiliki enzim alpha-amilase yang mampu menghentikan penyerapan karbohidrat. Oleh sebab itu, kunyit asam sering direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi kunyit asam secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena kunyit asam mengandung anti bakteri dan anti peradangan.

Secara tidak langsung, kunyit asam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.


Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung

Kandungan kurkumin adalah senyawa yang terdapat pada tumbuhan kunyit  yang dapat menekan risiko penyakit jantung, Hal ini karena kurkumin memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang. 

Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.


Mencegah dan Mengurangi Risiko Kanker

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Kurkumin juga berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan, sehingga dapat mencegah risiko mutasi sel kanker dalam tubuh.


Mengatasi Bau Badan

Sering nggak pede karena bau badan walaupun sudah sebisa mungkin menjaga kebersihan? Bisa jadi, bau badan sulit pergi karena ada masalah dalam produksi keringat. Siapa sangka, jamu kunyit asam ternyata bisa menjadi solusi masalah ini. Faktanya, kandungan minyak atsiri pada kunyit dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.


Meningkatkan Fungsi Otak

Kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat meningkatkan fungsi otak dengan kata lain, kamu bisa menghindari penyakit yang di akibatkan menurunnya fungsi otak.

Jamu kunyit Asam bisa kita buat sendiri ya di rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh