Jamu Tradisional untuk Menyehatkan Si Buah Hati

 


Hai teman-teman.  Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan istilah jamu. Jamu adalah ramuan yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan, hewan, ataupun mineral yang berfungsi sebagai obat ataupun suplemen bagi tubuh. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan jamu dan bahkan menjadikan jamu sebagai alternatif obat untuk menggantikan obat medis.

Disadur dari lindungihutan.com, jamu mulai dikenal masyarakat Indonesia pada zaman kerajaan Mataram atau sekitar tahun 1300 tahun yang lalu. Hal ini terlihat juga di relief Candi Borobudur dimana pada masa itu masyarakat telah terbiasa untuk meracik ataupun mengkonsumsi jamu untuk menjaga kesehatan.

Masyarakat Indonesia percaya bahwa jamu memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Jamu bukan hanya dapat dikonsumsi oleh masyarakat dewasa loh teman-teman, tetapi juga si kecil dapat mengkonsumsi jamu. Berikut kami sajikan 4 jamu yang baik dikonsumsi si kecil di rumah :

Kunyit asam

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan ramuan jamu yang satu ini. Ramuan kunyit asam memang sudah lama dikenal sebagai jamu yang mampu meringankan rasa nyeri ketika haid. Ternyata selain dapat meredakan nyeri ketika haid bagi wanita, ramuan kunyit asam juga baik loh teman-teman dikonsumsi oleh si kecil. 

Disadur dari healthline.com, Kandungan yang terdapat dalam kuniyt asam ternyata mampu menjaga imun tubuh si kecil. Kunyit sebagai bahan dasar nya dikenal memiliki antibiotik alami yang dapat menjaga tubuh dari bakteri jahat. Apabila si kecil mengalami diare, teman-teman juga bisa menambahkan ramuan kunyit asam dengan daun jambu biji yang masih muda. Dengan memberikan 2 kali sehari rutin diare yang dialami si kecil pun akan mulai reda.

Temulawak

Teman-teman pasti sering pusing melihat si kecil kurang doyan makan. Padahal makanan sanagat dibutuhkan dalam tubuh kembang si kecil. Tapi teman-teman sekarang tidak perlu khawatir. Ramuan temulawak ini adalah jawaban dari masalah tersebut. Ramuan temulawak dikenal memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan. 

Teman-teman bisa membuat ramuan temulawak ini sendiri loh di rumah. Untuk mengurangi rasa pahit yang berasal dari temulawak itu sendiri teman-teman bisa menambahkan madu, gula aren, dan pandan. Selain dapat meningkat nafsu makan, ramuan ini ternyata bisa menjadi obat alternatif ketika si kecil mengalami pusing dan masuk angin hingga memiliki masalah pencernaan loh teman-teman.

Kencur

Apabila si kecil mengalami batuk berdahak teman-teman gak perlu khawatir. Teman-teman dapat  membuat ramuan kencur yang dicampur dengan madu, jeruk nipis dan air hangat untuk si kecil. Kencur dipercaya ampuh untuk meredakan batuk berdahak.

Dengan rutin menkonsumsi ramuan kencur tersebut maka batuk berdahak yang dialamin si kecil dapat berkurang dengan perlahan. 

Cabe Puyang

Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh si kecil setiap harinya membuat si kecil rentan terserang virus dan menyebabkan penyakit. Salah satu nya adalah demam. Teman-teman tidak perlu khawatir. Teman-teman bisa memberikan ramuan cabe puyang apabila si kecil terkena demam. Untuk mengurangi rasa pedas dari ramuan ini teman-teman bisa menambahkan gula aren agar si kecil bisa meminumnya.

Itulah 4 ramuan jamu yang baik buat si kecil. Selamat mencoba di rumah teman-teman. Tetap jaga protokol kesehatan untuk melindungi keluarga kita dari berbagai penyakit.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh