Wajib Tahu, Ini 5 Ramuan Herbal untuk Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung yang tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk meredakannya, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang bisa membantu meredakan asam lambung.

Ahli gizi yang berbasis di Delhi Anshul Jaibharat mengatakan bahwa gaya hidup dapat berpengaruh terhadap tingginya asam lambung. Tingginya asam lambung ini bisa juga dipicu karena makanan yang pedas atau makanan yang mengandung lemak tinggi.

Saat asam lambung naik, seseorang akan merasakan mulas, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. Kebiasaan tersebut akan sangat mengganggu kadar pH alami tubuh dan membuat asam lambung meluap.

Namun, kamu tak perlu risau akan hal itu, karena ada beberapa cara untuk meredakan keasaman karena asam lambung yang tinggi. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal yang biasanya dibuat dari tanaman atau rempah herbal.

Ramuan herbal untuk menurunkan asam lambung Ramuan herbal berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung yang terlalu tinggi. Ada beberapa tanaman herbal yang khasiatnya cocok untuk meredakan asam lambung. Berikut ulasanya:

1. Ramuan daun kemangi

Daun kemangi memiliki sifat menenangkan sehingga memberikan bantuan instan saat asam lambung naik. Ramuan daun kemangi ini bisa dibuat dengan cara berikut:

  • Siapkan 3-4 lembar daun kemangi yang telah dicuci bersih
  • Rebus secangkir air hingga mendidih

Ramuan ini merupakan salah satu pengobatan rumah terbaik untuk meredakan keasaman di lambung.

2. Ramuan adas

Tanaman adas juga bermanfaat untuk mencegah asam lambung. Hal itu sama halnya seperti yang direkomendasikan oleh ahli gizi Anshul Jaibharat dalam NDTV Foof. Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik bersertifikat Shilpa Arora mengatakan bahwa ramuan biji adas ini bisa didapat dipinggiran Dermaga Biru dan dibuat dengan cara mencampurkannya dengan teh.

3. Ramuan biji jintan

Biji jintan ternyata juga berfungsi sebagai penetral asam yang hebat. Tamanan yang pernah dicoba Farhan Rasyid dan Kiara Mckenna ini mampu membantu meredakan sakit perut. Kamu bisa mengolah biji jintan dalam ramuan seperti berikut:

  • Tumbuk sedikit biji jintan yang sudah dipanggang
  • Didihkan 1 gelas air Masukkan biji jintan yang sudah ditumbuk
  • Tambahkan kapulaga, jahe, dan cengkih Biarkan ramuan mendidih
  • Jika sudah mendidih, kamu bisa dinginkan ramuan tersebut sebelum diminum.

4. Ramuan jahe

Rempah satu ini memiliki banyak khasiat, termasuk untuk meredakan asam lambung. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Untuk membantu menetralkan asam lambung, kamu bisa membuat rambuan jahe dengan cara berikut ini:

  • Potong jahe yang sebelumnya sudah dibeli di minimarket rumahan menjadi ke dalam potongan kecil
  • Kemudian rebus jahe ke dalam air
  • Tunggu hingga mendidih
  • Ramuan jahe siap untuk dikonsumsi

Kamu bisa meminumnya saat masih hangat sehingga memberikan efek nyaman di pencernaan.

5. Ramuan cengkih

Selama bertahun-tahun, tanaman cengkih seringkali digunakan untuk bumbu masakan ikan kembung dan pengobatan tradisional China untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini karena cengkeh bersifat karminatif sehingga mampu mencegah pembentukan gas di saluran cerna.

Kamu bisa membuat ramuan herbal ini dengan cara menumbuk cengkeh dan kapulaga sambil mencari tahu tentang built tersakit khufra dengan perbandingan yang sama. Ramuan ini juga bisa bermanfaat untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

Itulah beberapa ramuan herbal yang mampu meredakan asam lambung yang meluap. Jika sudah membaca dan mengetahuinya, usahakan sering meminum setidaknya salah satu dari ramuan di atas agar asam lambung yang kamu derita segera sembuh!

Posting Komentar

0 Komentar