Ramuan Tradisional untuk Redakan Batuk si Anak

 

Batuk merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan anda, baik dari dahak atau pemicu iritasi yang lainnya.

Meskipun memiliki tujuan untuk melindungi tubuh tetapi, bantuk yang tidak cepat sembuh tentunya akan membuat anda kesal dan jengkel.

Biasanya batuk akan semakin parah pada malam hari, utamanya saat anda sedang dalam posisi terbaring. Diketahui bahwa baik batuk kering atau biasa dan berdahak, adalah diakibatkan adanya infeksi virus atau bakteri, asam lambung, asma, dan asam lambung yang naik.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang mampu mengobati batuk anak, jika kamu belum mengetahuinya simak beberapa jenis ramuan tradisional yang dapat kamu gunakan untuk mengobati batuk anak. 

Teh Madu Hangat

Madu adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh. Sebuah penelitian melakukan perbandingan anak-anak batuk yang diobati dengan madu, dan anak yang diberikan obat batuk dextromethorphan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu memberikan rasa lega, pada tenggorokan daripada obat batuk dextromethorphan.

Untuk menggunakan obat ini juga sangatlah mudah, yang mana kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu dan air hangat, juga atau teh herbal. Kemudian si kecil dapat meminumnya setiap sekali atau dua kali sehari.

Wedang Jahe

Jahe adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh selanjutnya. Rempah satu ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur, atau bahan jamu yang mana memiliki senyawa anti radang.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa anti radang ini bisa melemaskan membran pada saluran udara. Maka dari itu, intensitas batuk dapat jadi berkurang. Kamu dapat menyeduh 20 sampai 40 gram dari irisan jahe, ke secangkir air panas.

Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum anak minum. Untuk meningkatkan efek atau khasiatnya, anda dapat menambahkan bahan alami lainnya yakni seperti madu. Lemon juga dapat menjadi pilihan bahan alami untuk obat batuk anak tradisional ini.

Thyme

Sama dengan jahe, thyme juga menjadi rempah yang cukup sering digunakan untuk bumbu masakan. Tak hanya sebagai bumbu masakan, thyme juga berfungsi untuk obat batuk anak tradisional yang ampuh.

Adanya kandungan antioksidan pada thyme bisa meredakan batuk anak. Terutama jika jenis batuk tersebut adalah bronkitis. Anda dapat seduh dua sendok teh thyme yang kering dengan secangkir air panas.

Diamkan selama sepuluh menit, saring, kemudian anda dapat meminumnya. Obat tradisional satu ini bisa anda konsumsi dalam waktu beberapa kali sehari.

Peppermint

Dikenal mempunyai khasiat sebagai obat batuk anak tradisional yang ampuh, selanjutnya adalah peppermint. Peppermint mempunyai kandungan menthol yang mana mampu melegakan tenggorokan. Juga bertindak untuk pemecah lendir atau disebut dekongestan.

Untuk mengolahnya sebagai obat batuk anak juga sangat mudah, dimana anda hanya perlu minum teh peppermint atau menghirup uap minyak esensial dari peppermint.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh