Cara Membuat Jamu Kunyit Asam, Bisa Menurunkan Berat Badan

 

Hai sobat blog...

Ada yang pernah dengar jamu kunyit asam? Yap, minuman ini sangat populer loh di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Racikan kunyit dan asam jawa terbukti mampu mengobati sejumlah penyakit dan juga meredakan sakit tenggorokan buat kamu yang menderitanya karena kelelahan saat menyanyikan sebuah lagu misalnya lagu chord dermaga biru.

Secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang.

Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Campuran kedua bahan alami ini telah terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunaan bila dikonsumsi bersamaan.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

1. Mampu Meredakan Nyeri Haid

Jamu kunyit asam umum dikonsumsi oleh wanita dengan keluhan nyeri haid. Bahkan kini kunyit asam sudah banyak diproduksi dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot meraciknya sendiri.

Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Maka tidak diragukan lagi bila minuman kunyit asam memang terbukti mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

2. Menurunkan berat badan

Secara terpisah, baik kunyit maupun asam jawa sama-sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

Alhasil, berat badan Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh Anda juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

3. Sebagai antioksidan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kunyit dan asam sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan.

Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

4. Mencegah kerusakan psikologis

Jamu kunyit asam terkenal karena manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya dalam mencegah kerusakan psikologis. Senyawa utama dalam kunyit, kurkumin, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang berperan dalam melawan peradangan dalam tubuh, termasuk di otak.

Dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan di otak, jamu kunyit asam dapat berpotensi mengurangi risiko gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Kurkumin juga dapat mendukung sistem saraf dengan meningkatkan produksi protein neurotropik yang mendukung pertumbuhan dan fungsi sel-sel saraf. Ini berdampak positif pada suasana hati dan kewarasan.

Meskipun jamu kunyit asam tidak menggantikan perawatan medis, penggunaannya dalam gaya hidup sehat dapat memberikan dukungan tambahan bagi kesejahteraan psikologis. Tetaplah berkomunikasi dengan tenaga medis sebelum membuat perubahan besar dalam pengobatan atau gaya hidup Anda.

Resep Jamu Kunyit Asam

 Bahan yang dibutuhkan:

- 400g kunyit, pilih yang tua

- 250g gula jawa

- 100g asam jawa

- 100ml air hangat, untuk merendam asam

- 2 liter air

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam:

1. Pertama, rendam asam jawa dengan air hangat. Remas-remas dan sisihkan.

2. Kemudian bakar kunyit sampai sedikit kecoklatan. Kupas kunyit lalu cuci bersih dan potong-potong kecil.

3. Selanjutnya, blender kunyit dengan 500 ml air.

4. Dalam panci, campur air asam jawa, blenderan kunyit, dan 1,5 liter air sisanya. Rebus hingga mendidih.

5. Masukkan gula jawa. Aduk rata dan rebus kembali hingga mendidih.

6. Matikan api, biarkan jamu dingin, lalu saring.

7. Minuman siap dinikmati

Wah mudah banget yah membuat jamu kunyit asam ini. Ada yang berniat mencoba gak nih?

 

 

Posting Komentar

0 Komentar