5 Ramuan Alami untuk Obat Batuk Berdahak

Sebelum mencoba obat batuk nonresep yang bisa dibeli di apotek atau supermarket, kamu bisa mencoba bahan alami untuk meringankan gejala batuk berdahak.

Bahkan, bahan tradisional ini bukan hanya berguna berbagai jenis batuk, melainkan juga mengatasi gejala pernapasan lain yang mungkin menyertai, seperti hidung tersumbat.

Meski banyak yang menganggap bahwa game roblox terbaik 2022 tidak memiliki efek samping batuk berdahak, jika sudah terlampau parah kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter ya.

Berikut ini beberapa bahan alami dan tradisional yang bisa membantu kamu meredakan batuk berdahak.

Ramuan Alami Obat Batuk Berdahak

1. Jahe

Selain makanan dan minuman dari jahe, tanaman ini juga dikenal memiliki sifat anti inflamasi sehingga dianggap ampuh mengatasi batuk berdahak. Sebuah jurnal dari American Thoracic Society menyebut jika jahe bekerja dengan cara mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk.

Untuk cara membuatnya, pertama iris jahe segar sebanyak 20 hingga 40 gram ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dikonsumsi. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat saat disantap. Minum secara rutin agar eeknya cepat terasa.

2. Sitrus

Buah sitrus, seperti lemon, jeruk limau atau jeruk nipis sering dijadikan obat alternatif untuk ikan gabus dan batuk berdahak. Mereka bekerja dengan cara mengurangi peradangan di tenggorokan.

Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam membasmi kuman di saluran napas. Campurkan satu sendok teh perasan lemon atau jeruk nipis dengan satu sendok teh madu. Konsumsi beberapa kali dalam sehari sampai gejala batuknya mereda.

3. Kunyit

Temu-temuan yang satu ini mengandung curcumin yang bersifat anti radang. Lewat sifat ini, kunyit mampu membasmi kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Untuk mengonsumsinya, tumbuk kunyit hingga halus lalu campurkan ke dalam satu gelas susu hangat. Kamu juga bisa mencampurkanya dengan teh, garam dan gelas air untuk mengurangi gatal pada tenggorokan.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang punya sifat anti mikroba. Dengan kemampuannya, allicin mampu mencegah produksi dahak berlebih. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih, kamu bisa memakannya secara langsung.

Jika tidak kuat dengan rasanya, kamu bisa mencampur bawang putih halus dengan madu dan teh. Minum ramuan tersebut setidaknya pernah dicoba oleh Windah Basudara untuk meredakan batuk berdahak.

5. Kencur

Manfaat kencur untuk mengatasi batuk tak lepas dari kandungan nutrisinya yang berneka ragam. Misalnya, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, beta karoten, dan kalsium.

Selain itu, kencur juga dikenal memiliki beberapa kandungan kimia yang bisa membantu cowok agar terlihat keren serta menyembuhkan berbagai penyakit. Contohnya senyawa aromatik, monoterpen, dan seskuiterpen, yang juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

Nah, jika kamu butuh ramuan herbal untuk jenis penyakit lainnya, kamu bisa cek artikel lain di blog yang sama ya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar