Mengenal Jamu Cabe Puyang Lengkap dengan Manfaat dan Cara Pembuatannya

 

Hai sobat blog...

Ada yang pernah dengar cabe puyang gak nih? Ini bukanlah jenis cabe yang ada di Indonesia, melainkan salah satu jenis ramuan tradisional alias jenis jamu.

Cabe puyang merupakan jenis jamu tradisional yang dibuat dari campuran dua bahan utama yakni cabe dan lempuyang sehingga dijuluki dengan nama cabe puyang.

Jenis cabe yang bisa digunakan pun tidak bisa sembarangan, hanya cabe Jawa yang bisa digunakan untuk membuat jamu cabe puyang.

Asal Usul Cabe Puyang

Tidak ada penjelasan pasti kapan munculnya cabe jenis ini. Tapi konon katanya, keberadaan cabe ini sudah ada sejak zaman kerajaan di Jawa sedang berkembang. Bila memang telah ada sejak zaman kerajaan, bisa dipastikan bahwa cabe ini mempunyai umur yang sangat tua.

Sementara itu, seperti penjelasan di atas bahwa cabe ini adalah perpaduan antara cabe Jawa dan tanaman lempuyang. Hanya saja, cabe Jawa yang dipakai tidak terlalu pedas, namun tetap menggigit.

Meski tidak pedas, cabe Jawa mempunyai keunggulan dalam hal aromanya sangat tajam dan aromatis. Sehingga kita bisa membedakan mana jenis cabe Jawa dan mana jenis cabe yang umum.

Bila kamu masih bingung dengan perbedaan cabe Jawa dan bukan, bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Dari segi tampilan, cabe Jawa berbeda dengan cabe pada umumnya. Tanaman ini sebenarnya  berbentuk lonjong panjang dengan bagian kulit luar agak berbintik. Jadi bisa dibilang mirip buah stroberi.

Awalnya, cabe Jawa hanya dipakai untuk keperluan bumbu rempah memasak. Namun lambat laun, masyarakat Jawa pada masa itu mulai mengolah cabe Jawa menjadi ramuan herbal. Sehingga  dinamakan ramuan jamu cabe Jawa. Karena setelah dicoba, ternyata khasiatnya cukup bagus untuk tubuh.

Lantas, apa sajakah manfaat jamu cabe puyang?

Deretan Manfaat Cabe Puyang

1. Menurunkan demam

Manfaat jamu cabe puyang yang pertama adalah dapat menurunkan demam. Cabe ini diketahui memiliki sifat antipiretik yang fungsinya untuk menurunkan demam atau suhu panas yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu, ramuan jamu cabe puyang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit kepala yang mengganggu. Di mana masalah ini muncul karena efek flu atau demam.

2. Melancarkan peredaran darah

Seperti yang kita ketahui, peredaran darah yang kurang lancar dapat menyebabkan penyakit serius. Seperti stroke, hipertensi, kanker dan yang paling parah adalah penyakit jantung.

Nah, bila masalah peredaran darah ke tubuh tak berjalan lancar, Cobalah untuk mengonsumsi ramuan jamu cabe puyang secara rutin.

3. Meredakan pegel linu

Selanjutnya, manfaat cabe puyang untuk pria adalah dapat meredakan masalah pegal linu. Dengan mengonsumsi ramuan ini, maka pegal dan kebugaran tubuh dapat kembali terjaga dengan baik. Biasanya orang akan meminum ramuan ini saat waktu pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian.

4. Menambah nafsu makan

Masalah nafsu makan yang kurang bila tak cepat diatasi bisa menimbulkan penyakit serius. Seperti asam lambung, maag dan sebagainya.

Untuk itu bila kamu merasakan nafsu makan berkurang maka segeralah mengonsumsi ramuan jamu cabe puyang. Cabe puyang pada dasarnya bisa membantu kinerja pada sistem pencernaan lebih baik.

Sehingga saat kita mengonsumsinya, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah dan diserap vitaminnya secara baik oleh tubuh. Maka dari itu, saat mengalami masalah kurangnya nafsu makan maka bisa mengonsumsi ramuan herbal ini.

5. Menjaga kesehatan kulit

Jika kamu ingin menjaga kesehatan kulit dan enggan memakai bahan kimia, maka kamu bisa menggunakan cara tradisional yaitu meminum jamu cabe puyang.

Diketahui, tanaman ini mempunyai khasiat dalam menjaga kesehatan kulit tubuh. Sehingga kulit tetap halus, bebas dari keriput dan mencegah penuaan dini.

Tidak hanya itu, dalam jamu ini terdapat kandungan yang bisa melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama terjadinya penuaan dini. Sehingga tak heran, bila jamu ini sangat layak dinikmati oleh mereka kaum perempuan dalam menjaga kesehatan kulit.

6. Meredakan nyeri gigi

Masalah nyeri di gigi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti akibat gigi berlubang, gusi yang membengkak, ataupun hal lain sebagainya.

Saat mengalami masalah nyeri gigi, maka cukup berkumur menggunakan jamu ini. Bila rutin melakukan kumur dengan jamu ini maka niscaya masalah nyeri gigi dapat segera reda.

7. Meningkatkan stamina dan vitalitas

Cabe ini mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini, maka kamu perlu rutin mengonsumsi jamu ini setiap harinya. Sehingga stamina dapat terjaga dengan baik.

Cara Membuat Jamu Cabe Puyang

Setelah mengetahui manfaatnya, kita pasti bertanya-tanya bagaimana cara membuat jamu ini. Tenang saja, artikel ini akan membahas hal itu. Berikut bahan dan cara membuat jamu cabe puyang.

Bahan yang dibutuhkan:

- Air hangat 1 ½ liter

- Cabe Jawa kering 100 gram

- Garam 1 sendok teh

- Lempuyang basah 500 gram

- Temulawak 50 gram

Cara membuat jamu cabe puyang:

1. Pertama, cuci bersih semua bahan-bahan di atas kecuali garam dan air hangat.

2. Kemudian tumbuk sampai halus menggunakan ulekan atau blender.

3. Lalu masukkan garam dan pastikan bahwa semua bahan tercampur rata.

4. Selanjutnya, tambahkan air hangat ke dalam tumbukan bahan-bahan tadi.

5. Lalu saring airnya memakai saringan atau kain bersih. Minuman siap disajikan.

Banyak banget yah manfaat jamu cabe puyang ini. Berani cobaik gak nih?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh