Wedang Jahe: Minuman Tradisional Untuk Sehatkan Tubuh

 

Jahe adalah rempah yang sering dimanfaatkan dalam bahan masakan dan ramuan tradisional. Salah satu cara menikmati rempah ini adalah dengan membuatnya menjadi minuman atau biasa dikenal dengan nama Wedang Jahe.

Dengan meminum ramuan ini, kita bisa merasakaan khasiatnya dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

Manfaat Wedang Jahe

Aroma dan rasa unik jahe berasal dari minyak minyak alami yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe dan bertanggung jawab atas banyak khasiat obat jahe. Kandungan ini memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

Berikut manfaat wedang jahe untuk kesehatan yang bisa teman-teman rasakan.

Menghilangkan Mabuk setelah Perjalanan

Pengobatan tradisional menunjukkan bahwa wedang jahe dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan seperti pusing, muntah, dan keringat dingin.

Hal ini karena rasa pedas dan efek menghangatkan yang ada pada jahe. Sehingga rasa pusing dan juga mual dapat berkurang setelah teman-teman konsumsi wedang jahe.

Menghilangkan Mual karena Kehamilan atau Kemoterapi

Beberapa ahli percaya, komponen aktif seperti minyak atsiti dan senyawa gingeril dapat membantu meredakan mual akibat kehamilan, kemoterapi atau pengaruh bius setelah operasi.

Menurunkan Tekanan Darah dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Wedang Jahe dipecaya dapat meningkatkan kesehatan Jantung. Ramuan herbal yang satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah serangan jantung, mencegah penggumpalan darah, meredakan mual, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Mengontrol Berat Badan dan Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa pria yang mengkonsumsi wedang jahe akan lebih cepat merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Ramuan herbal yang satu ini dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan berat badan berlebih.

Pereda Sakit

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi ramuan ini adalah dapat meredakan peradangan. Sebuah penelitian menunjukka bahwa jahe dapat membantu menghilangkan rasa sakit, khususnya pada penderita osteoarhritis pada lutut.

Selain lutut, ramuan ini juga dapat meredakan sakit kepala, kram menstruasi, nyeri otot, dan berbagai jenis nyeri lainnya.

Meningkatkan Imunitas dan Mencegah Penyakit

Jahe yang mengandung antioksidan membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh dan mengurangi stress. Teman-teman yang memiliki gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat juga bisa disembuhkan dengan menghirup aroma dari wedang jahe ini.

Mengobati Gangguan Pencernaan Kronis

Gangguan Pencernaan Kronis dapat ditandai dengan rasa sakit dan perih yang berulang pada bagian atas perut.

Pengosongan perut yang tertunda dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Masalah ini dapat disembuhkan degnan menkonsumsi ramuan herbal ini. Kandungan yang terdapat pada ramuan ini terbukti dapat mempercepat pengosongan dalam perut.

Meningkatkan Fungsi Otak

Stress dan Peradangan Kronis pada Otak dapat mempercepat proses penuaan. Dalam sebuah studi pada tahun 2012 terhadap wanita paruh baya yang sehat, mengkonsumsi Jahe dapat meningkatkan waktu reaksi dan kerja memori seseorang.

Membantu Melawan Infeksi

Menurut sebuah studi tahun 2008, ekstrak jahe sangat efektif melawan bakteri mulut yang terkait dengan radang gusi dan periodontitis. Keduanya adalah penyakit radang gusi.

Saat konsumsi wedang jahe secara berlebihan, teman-teman mungkin akan merasakan berbagai keluhan seperti terlalu banyak gas, kembung, mulas, dan mual.

Keluhan ini terjadi karena kandungan jahe yang dapat menurunkan tekanan darah dan mungkin memiliki efek pengencer darah. Untuk itu disarankan kepada teman-teman agar mengkonsumsi ramuan ini seusai dengan dosisnya.

Demikianlah penjelasan ringkas dan manfaat mengkonsumsi wedang jahe bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh