Jamu Buyung Upik, Jamu Herbal Untuk Anak-Anak

Halo sabahat....Taukah kamu ? Jamu adalah salah satu jenis minuman tradisional yang dipercaya memiliki khasiat yang ampuh untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. 

Jamu merupakan salah satu minuman tradisional yang terbuat dari olah kunyit, temulawak, atau kencur yang dicampur dengan bahan lain seperti gula merah atau asam jawa.

Pada umumnya jamu dapat dikelola dengan berbagai varian rasa. Namun, jamu yang melegenda sejak dahulu kala adalah jamu buyung upik.

Buyung Upik berupakan obat herbal yang memiliki kandungan ekstrak Curcuma xanthoriza Rhizoma (temulawak), Zingiberis aromaticae Rhizoma (lempuyang wangi), Cinnamomum burmanii Cortex (kulit kayu manis), Curcuma domesticae Rhizoma (kunyit), Zingiber officinale Rhizoma (jahe), Curcuma Aeruginosa (temu hitam), Kaempferiae galanga Rhizoma (kencur), Cymbopogonis nardus Folium (Daun sereh), Pandanis Folium (daun pandan) dan bahan tambahan perasa. 

Jamu ini sangat terkenal ditahun 90’an. Bagi kamu kelahiran tahun 2000 mungkin tidak mengenal jamu buyung upik ini lagi, betul tidak?

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jamu buyung upik. Yuk simak.

Jamu Buyung Upik

Jamu Buyung upik

Jadi, jamu yang satu ini merupakan jamu yang diproduksi oleh jamu jago. Manfaat jamu buyung upik yaitu untuk menambah nafsu makan pada anak.

Pada umumnya rasa jamu ini adalah pahit, namun tetap dibuat kedalam beberapa varian seperti rasa mangga, cokelat, durian, jambu, melon, anggur, blueberry, jeruk, strawberry, dan juga leci agar lebih disukai oleh anak-anak.

Ciri kemasan pada produk jamu ini terdapat gambar anak perempuan dan laki laki dengan ciri khas peci dan selendang / sarungnya. Untuk harga jamu buyung upik sendiri, sekotak produk ini dijual dengan kisaran harga Rp 6000 hingga Rp 10000.

Manfaat Jamu Buyung Upik

Selain untuk menambah nafsu makan pada anak, ternyata ada banyak manfaat jamu buyung upik, diantara nya yaitu :

Meningkatkan nafsu makan

Khasiat jamu buyung upik yang pertama bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Buat para bunda  yang memiliki kesulitan dalam memberi anak makan, makan jamu yang satu ini dapat bunda coba. Kandungan temulawak di dalamnya akan membantu meningkatkan nafsu makan anak anda dan memberikan asupan gizi yang cukup pada tubuh disaat tumbuh kembang.

Mengatasi masuk angin

Siapa saja dapat terkena penyakit yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ramuan herbal alami ini merupakan salah satu jamu atau minuman yang bisa membantu anda dalam meredakan masuk angin dengan aman dan efektif.

Mengatasi penyakit cacingan

Cacingan adalah sebuah penyakit yang biasanya sering ditemui pada manusia yang khususnya pada anak-anak. Infeksi cacingan ini dapat menyebabkan perut tidak mendapatkan gizi dari makanan yang telah dikonsumsi. Namun bunda tidak perlu untuk khawatir, kandungan dari jamu ini bisa membantu anda dalam mencegah dan meredakan penyakit cacingan ini.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamu buyung upik ini juga memiliki manfaat yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan telah dibuat dari bahan alami. Khasiat lainnya kandungan dari jamu ini juga memiliki manfaat yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda menjadi lebih meningkat. Tentu, hal ini nantinya bisa membuat anda terjauhi dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang anda kapan saja.

Mengatasi insomnia

Insomnia atau gangguan tidur adalah salah satu hal yang sangatlah mengganggu. Salah satu gelala insomnia dalah kesulitan untuk tidur pada malam hari.

 Dengan mengkonsumsi jamu ini akan membantu kamu untuk menenangkan tubuh agar menjadi lebih rileks. Tentu jika sudah rileks anda tidak akan mengalami gangguan tidur lagi atau susah tidur pada saat malam hari.

Meredakan perut kembung

Kembung merupakan salah satu gejala yang biasanya menyerang anak-anak. Penyakit ini bisa membuat tubuh terasa tidak enak dan akan mengganggu aktivitas. Tetapi, jika andak anda sedang merasakan kembung, anda bisa memberikan jamu buyung upik untuk mengatasi penumpukan gas yang telah terjadi di perut anda yang bisa menyebabkan perut kembung.

Membantu menenangkan tubuh

Khasiat dari minuman ini telah memiliki sifat yang bisa membantu anda dalam menenangkan anak-anak. Hal ini sangatlah cocok sekali bagi anak anda yang memiliki sifat susah untuk rileks ataupun hiperaktif. Tentu hal ini sangatlah bermanfaat sekali untuk menenangkan tubuh.

Menjaga kebugaran tubuh

Tubuh yang sehat bugar merupakan salah satu hal yang paling di inginkan oleh semua orang. Dengan tubuh yang sehat bisa menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit yang tidak di inginkan. Kandungan dari jamu ini akan membantu anda di dalam menjaga kebugaran tubuh nantinya.

Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar merupakan salah satu hal yang di inginkan oleh semua orang. Banyak orang yang mulai mencari cara untuk melakukan pembersihan supaya terhindar penyakit pencernaan. Jamu ini telah dipercaya memiliki manfaat dan khasiat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan supaya bisa bekerja dengan lancar.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan jamu ini untuk anak-anak.  Walaupun jenis minuman ini adalah minuman tradisional, namun tetap saja harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan efek samping.

  • Apa saja itu? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.
  • Pastikan bahwa jamu yang dikonsumsi mengandung bahan-bahan yang alami
  • Pastikan bahan-bahan yang digunakan menggunakan komposisi yang sesuai
  • Jangan memberikan jamu pada anak di bawah usia 6 bulan
  • Jangan minum jamu ketika sedang mengonsumsi obat-obatan
  • Perhatikan dosis jamu yang diberikan
  • Perbanyak minum air putih setelah minum jamu agar ginjal tetap sehat
  • Jika sakit tak kunjung sembuh setelah minum jamu, segera periksakan anak ke dokter

Nah itu dia sekilas mengenai jamu buyung upik. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh