Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung
Cara meramu temulawak untuk mengobati asam lambung

Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman sebagai obat GERD. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. Oleh karena itu, resep jamu temulawak untuk asam lambung penting diketahui guna merawat kesehatan.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza) secara tradisional dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia untuk pengobatan herbal. Tanaman ini memiliki berbagai aktivitas biologis dan kandungan senyawa seperti anti-inflamasi, antikanker, penyembuhan luka dan mengurangi kadar kolesterol serum.

Mengutip sebuah buku berjudul Kemanjuran dan Manfaat Temulawak: Rizome Menyembuhkan Berbagai Penyakit oleh Efi Afifah, Temulawak mengandung curcumin, minyak atsiri, pati, selulosa dan mineral yang memberikan manfaat kesehatan.

Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid yang berperan dalam menangkap radikal bebas dan melindungi lambung lambung (dinding).

Meskipun dianggap efektif sebagai obat alami asam lambung, namun tidak boleh mengkonsumsi Temulawak dengan ceroboh. Karena ada aturan dan cara untuk meracik ramuan temulawak sehingga mereka efektif dalam perawatan lambung.

Lihat Juga: Jus Buah Untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat Temulawak

Sebelum masuk ke resep jamu temulawak untuk asam lambung, kita perlu mengetahui manfaat lain yang didapat saat mengonsumsi temulawak.

1. Memperkuat imun tubuh

Salah satu manfaat utama temulawak adalah memperkuat resistensi. Manfaat ini berasal dari berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Dengan resistensi yang kuat, tubuh akan lebih kuat terhadap beberapa kuman dan virus yang menyebabkan penyakit. Perlawanan yang kuat juga jarang sakit.

2. Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Temulawak mengandung xantorrhizol dan curcuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Beberapa penelitian mengatakan bahwa ekstrak temulawak dapat memberantas dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit, seperti bakteri Salmonella dan E. coli.

Selain itu, juga diketahui bahwa ekstrak temulawak memiliki efek anti-priest dan antijamur. Oleh karena itu, temulawak dapat dikonsumsi dalam bentu jamu untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Minuman Teulawak juga memiliki efek anti -inflamasi dan kerabat demam alami, jadi ada baiknya mengkonsumsi untuk mendukung proses pemulihan ketika Anda sakit, seperti demam atau flu.

3. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Hati

Minuman herbal atau jamu yang terbuat dari temulawak juga dikenal untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut dan sembelit. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa temulawak memiliki manfaat potensial untuk mengobati peradangan lambung atau gastritis.

4. Mengontrol Kadar Gula Merah

Diketahui juga bahwa Temulawak mengurangi kadar gula darah dan membuatnya stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan anti -inflamasi yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan.

Diketahui juga bahwa Temulawak meningkatkan efektivitas insulin dalam kontrol gula darah.

Cara Membuat Ramuan Temulawak Untuk Asam Lambung

Berikut ini adalah resep jamu temulawak untuk meradakan rasa nyeri saat asam lambung kambuh.

Bahan-bahan:

  • 200 gram temulawak, cuci bersih, kulit, irisan halus
  • 100 gram kencur, cuci, kuliti, dan iris tipis-tipis
  • 100 gram asam jawa tanpa biji
  • 400 gram gula aren
  • 40 Jinten
  • 3.5 Liter air mendidih
  • 10 daun pandan, cuci, lalu ikat.

Cara membuat jamu temulawak:

  1. Siapkan bahan-bahan temulawak dan kencur yang telah dipotong halus dan kemudian dipanggang.
  2. Setelah dipanggang, tambahkan asam jawa yang telah dipisahkan dari biji.
  3. Tambahkan jintan dan 500 ml air. Kemudian murni menggunakan blender.
  4. Siapkan wajan yang berisi 3 L rebus, panaskan dan didihkan gula aren dengan api sedang. Aduk merata.
  5. Tambahkan campuran bahan yang sudah disangrai dan tambahkan daun Pandan. Kemudian aduk sampai merata.
  6. Setelah dicampur dengan benar, saring campuran itu sampai air dan serat dipisahkan.
  7. Siapkan gelas untuk disajikan, tuangkan ke dalamnya.
  8. Jamu Temulawak siap diminum.
Nah, itulah resep dan cara membuat jamu temulawak untuk penderita asam lambung. Minum lah ramuan ini secara teratur sekali sehari dan jangan pernah mengonsumsinya secara berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh