Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

 

Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan untuk bahan baku pembuatan jamu. Selain bisa diolah menjadi jamu, jahe merah juga bisa digunakan untuk pembuatan bumbu dapur.

Tanaman herbal ini dimanfaatkan mengatasi berbagai penyakit. Apa sih keistimewaan jahe merah untuk tubuh manusia? Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Jahe Merah

1. Menambah Stamina

Manfaat jahe merah pertama adalah untuk menambah stamina (tonikum) dan untuk menghilangkan nyeri otot. Jahe bisa membantu untuk mengurangi tingkat tekanan dan meningkatkan aliran darah. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki efek untuk meredakan nyeri otot.

2. Menghambat Jamur

Kandungan Limonene dalam jahe merah memiliki manfaat untuk menghambat jamur, seperti jamur candida albicans yang menyebabkan terjadinya infeksi jamur pada area kulit.

3. Pereda Rasa Sakit

Manfaat jahe merah untuk meredakan rasa sakit, karena hasil dari kandungan 6-gingerdione dan 6-gingerol di dalamnya. Kandungan ini dapat menekan prostaglandin sehingga bisa meredakan rasa sakit.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jahe merah bisa mengurangi resiko penyakit jantung,karena jahe merah mengandung asam alfa-linolenat yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut jurnal “Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Disease” senyawa ini bekerja dengan membantu menjaga irama dan pemompaan jantung secara normal.

5. Menjaga Kesuburan

Konsumsi jahe merah dapat membantu untuk menjaga kesuburan karena kandungan dari arginin di dalamnya. Arginin ini membantu tubuh untuk memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa Arginin bisa meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh bisa mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.

6. Mencegah Bakteri pada Mulut

Jahe merah dapat digunakan sebagai obat kumur agar mulut terhindar dari bakteri. Kandungan minyak atsiri di dalamnya juga bisa membantu tenggorokan dan membuat rongga mulut tetap segar.

7. Menurunkan Berat Badan

Jahe merah bisa membantu untuk menurunkan berat badan, karena kandungan jahe adalah capsaicin. Pada sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa menambahkan capsaicin ketika diet bisa menekan nafsu makan. Hal ini bisa menyebabkan penurunan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

8. Mencegah Diabetes

Manfaat jahe merah lainnya adalah untuk mencegah diabetes karena kandungan 6-gingerol yang berpotensi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Jahe merah berperan untuk menurunkan produksi glukosa dan peningkatan sintesis glikogen.

9. Meredakan Mual

Jahe merah dapat digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Untuk ibu hamil, jahe merah bisa menjadi kemoterapi jika mengalami mual. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, wanita hamil yang mengonsumsi satu hingga 1.5 gram jahe merah secara signifikan mengurangi rasa mual.

10. Meningkatkan Imunitas

Dilansir dari publikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jahe merah memiliki aktivitas sebagai Imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Efek tersebut akan bermanfaat dalam pencegahan dan membantu untuk pemulihan ketika sakit.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh