Fakta Menarik Jamu Tradisional, Salah Satunya Sebagai Warisan Dunia


Jamu merupakan ramuan herbal tradisional yang cara mengkonsumsinya dengan cara diminum, minuman ini dipercaya memiliki khasiat bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Jamu biasanya diracik menggunakan tanaman herbal dan rempah-rempah pilihan. Jenis dari minuman berkhasiat ini juga sangat beragam di Indonesia.

Manfaat jamu bagi kesehatan membuat minuman ini banyak diburu orang terlebih lagi pada masa pandemi saat itu.

Teman-teman mungkin belum menyadari, sebagai warisan dari nenek moyang kita, jamu ternyata memiliki banyak keunikan.

Berikut beberapa keunikan Jamu Tradisional Indonesia yang perlu kamu ketahui.

1. Asal-usul Jamu

Salah satu teori populer menyebutkan bahwa Jamu sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram atau sekitar 1300 tahun yang lalu.

Dipercaya sebagai warisan budaya nenek moyang yang turun-temurun, ternyata minuman ini belum jelas asal mula nya dan kapan budaya minum jamu ini dimulai.

Pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat kemudian ditemukan dalam naskah-naskah kuno abad ke-9 tepatnya setelah budaya tulisan semakin kuat.

2. Aneka Macam Jamu

Jamu yang kita kenal biasanya dijajakan dengan cara digendong atau menggunakan sepeda untuk berkeliling. Pada masa sekarang ini sudah tidak seperti itu lagi, kebanyakan penjual jamu ini sudah menjajakan minuman ini dengan menggunakan Sepeda Motor.

Jamu terdiri dari beberapa macam jenis dengan nama-nama yang unik pula. Seperti contoh yang paling populer adalah jamu beras kencur, paitan, kunci sirih, kunyit asam, gepyokan dan cabe lempuyang dan masih banyak lainnya.

Jamu beras kencur merupakan jamu yang paling populer daripada jamu yang telah disebutkan diatas tadi. Jamu ini terbuat dair beras kencur, jahe, biji kedaung, kapulaga, dan beberapa tambahan lainnya.

3. Bahan membuat jamu yang Khas

Beberapa bahan untuk membuat minuman ini dibuat dari tumbuhan yang dipercaya memiliki khasiat tersendiri.

Salah satu sebagai contoh adalah Jamu Purwaceng yang terbuat dari tumbuhan Purwaceng. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tanaman Genus Apiaceae yang biasanya hidup pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

4. Sebagai Obat Herbal

Minuman ini termasuk sebagai bagian dari obat-obatan herbal, karena dibuat dengan bahan-bahan alami. Pada umumnya bahan untuk membuat Jamu ini terbuat dari beberapa bagian tumbuhan seperti akar, kulit batang, daun, ataupun buah.

Pada beberapa kasus, ada beberapa jenis jamu yang bahannya terbuat dari bagian-bagian tubuh hewan seperti empedu ular, empedu kambing bahkan tengkur buaya.

Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihannya sendiri yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit.

5. Jamu Sebagai Warisan Dunia

Jamu yang berasal dari Indonesia ini diusulkan untuk mendapatkan pengakuan dunia sebagai warisan dunia yang merupakan kebudayaan asli tanah air.

Usulan yang masih tahap pengajuan tersebut ditujukan kepada induk organisasi dunia yang mengurusi masalah pendidikan dan kebudayaan (UNESCO).

Demikianlah penjelasan ringkas dan keunikan Jamu tradisional Indonesia sebagai Warisan Dunia. Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh