Minuman Tradisional untuk Penambah Darah

Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan herbal atau jamu. salah satunya adalah bagi orang yang mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Selain bisa mengonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek, kamu juga bisa mengonsumsi jamu.

Beberapa gejala yang bagi penderita anemia adalah mengalami pusing, pingsan, warna kulit memucat, rambut rontok, sesak nafas dan sebagainya. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi berbagai bahan alami atau jamu. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Rauman Alami atau Jamu Penambah Darah

1. Jus Buah Bit

Jamu penambah darah yang pertama bisa kamu dapatkan dari minum jus buah bit. Tahukan kamu bahwa jus buah bit ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah darah rendah atau anemia, buah bit juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat kulit lebih segar dan glowing.

Kamu bisa menambahkan madu untuk mengurasi rasa getik yang dihasilkan buah bit. Sajikan jus ini dalam keadaan dingin, atau bisa menambahkan wortel untuk membuat rasanya lebih nikmat.

2. Jus Delima Putih

Salah satu rasa yang tidak nyaman untuk dialami para penderita anemia adalah rasa sakit kepala atau pusing. Rasa nya tidak nyaman tersebut terjadi saat seseroang bagi penderita aktivitas yang terlalu berat.

Coba untuk mengonsumsi jus delima putih sebagai ramuan atau untuk menambahkan darah secara alami. Kamu bisa membuatnya dengan cara memisahkan dan peras 150 gram daging buah delima putih dengan menggunakan kain kasa.

Kemudian tambahkan 2 sendok perasan jeruk nipis, segelas air dingin dan 1 sdm madu. Lalu minum obat penambah darah secara alami.

3. Jus Selada Air

Ramuan atau racikan jamu penambah darah secara lami selanjutnya adalah jus selada air dan lobak. Kedua sayuran ini kaya akan zat besi dan kandungan vitamin D. untuk mempersiapkan jus sayuran ini, kamu harus menyaipakn 5 ikan selada air dan 3 buah lobak.

Cuci hingga bersih dan kemudian potong-potong. Masukkan semua bahan ke blender dengan satu gelar air. Supaya lebih segar, jangan lupa tambahkan perasan lemon dan madu ke dalam campuran sayuran di atasnya, sajikan dingin supaya lebih nikmat.

4. Teh Jelatang

Teh Jelatang dikenal sebagai urtica dioica kerap dikenal sebagai tanaman gulma di pekarangan. Namun, siapa sangka jika jelatang bisa menjadi jamu atau obat untuk penambah darah secara alami. Daun jelatang bercabang dan tambak seperti daun mint.

Ramuan herbal ini juga mengatasi radang sendi, membantu mengatasi tekanan darah tinggi, hingga membantu menjadi obat menambah darah alami. Daun jelatang dalam bentuk teh herbal dan memperoleh di beberapa obat yang dijual ramuan obat Tiongkok.

5. Jamu Bebas Anemia

Jamu bebas anemia yang bisa kamu buat dari bahan alami ini adalah dengan cara:

Bahan:

  1. 1 jari rimpang kencur
  2. 1 jari rimpang kunyit
  3. 7 helai bayam merah
  4. 1 kuning telur ayam kampung, ambil kuningnya saja

Cara Membuat:

  1. Kupas kencur dan kunyit. Cuci bersih kedua bahan tersebut bersama dengan bayam merah. Tumbuklah sampai halus, campurkan dengan segelas air matang hangat.
  2. Peras dengan kain halus dan bersih.
  3. Saat akan diminum beri 1 kuning telur dan sedikit madu. Minumlah obat penambah darah alami ini dua hari sekali setiap sore hari.        

Demikianlah beberapa minuman penambah darah alami yang bisa kamu buat dirumah. Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai bahan alami ini untuk menghindari terjadinya kekurangan darah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh