Manfaat Jamu Daun Pepaya, Bisa Menyembuhkan Demam Berdarah


Pernahkah teman-teman memakan buah pepaya ? Buah yang berbentuk lonjong besar ini selain enak untuk dimakan, merupakan salah satu buah yang sehat dan menyegarkan. 

Selain memiliki buah yang lezat, pohon dari buah ini juga memiliki banyak manfaat di bagian lainnya seperti daun pepaya. Daun pepaya sering dimanfaatkan dan diolah menjadi ramuan jamu.

Manfaat dari ramuan daun pepaya ini ternyata sangat banyak terlebih bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat dari ramuan jamu daun pepaya yang bisa teman-teman manfaatkan untuk di konsumsi.

Membantu Menyembuhkan Demam Berdarah

Jamu daun pepaya ini dapat membantu penderita demam berdarah untuk meningkatkan jumlah trombosit yang menurun akibat demam berdarah. Seorang ahli gizi, Dr. Sheela Krishnaswamy mengatakan “jamu daun pepaya benar-benar mampu meningkatkan produksi trombosit secara signifikan.”

Melancarkan Pencernaan

Di dalam jamu daun pepaya terdapat enzim papain dan chymopapain yan bisa membantu kesehatan organ pencernaan, mencegah sembelit, serta membersihkan usus besar. Enzim Papain juga dapat membantu pencegahan tukak lambung dengan membunuh bakteri yang memiliki sifat antimikroba.

Fungsi Liver

Dengan membuat ramuan daun pepaya, teman-teman bisa membantu mencegah pengobatan hati kronis. Mulai dari ikterus, sirosism hingga bahkan kanker hati. Apabila diminum mungkin akan terasa sangat pahit, namun jus ini dapat membantu detokfikasi hati dan membersihkan racun dari hati.

Meningkatkan nafsu makan

Tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tapi dibalik itu, tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Cara mengelolah daun pepaya untuk bisa menjadi jamu penambah nafsu makan adalah dengan mengambil beberapa lembar daun pepaya secukupnya, kemudian tumbuk kasar lalu saring, dan ambil airnya. Minum air daun pepaya secara rutin untuk membuat nafsu makan kembali normal.

Menurunkan Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi biasanya diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula dan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Daun pepaya dapat bekerja dengan sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah karena dapat merangsang insulin bekerja dengan baik untuk mengatur kadar gula di dalam darah.

Sifat antioksidan yang dimiliki daun pepaya juga dapat membantu menurunkan komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, seperti kerusakan ginjal dan timbunan lemak di hati.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Untuk teman-teman yang ingin merawat rambut agar tetap terjaga kesehatannya, dapat menggunakan ramuan jamu daun pepaya untuk membantu usaha teman-teman dalam menumbuhkan rambut.

Ramuan daun pepaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut, membantu pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, dan penipisan rambut atau rambut rontok.

Komponen alkaloid yang terkandung dalam daun pepaya, efektif menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala. Alkaloid juga bisa berfungsi sebagai kondisioner alami dan mengembalikan kilau rambut teman-teman.

Itu tadi beberapa manfaat jamu daun pepaya yang bisa didapatkan dengan pengolahan yang tepat dan jumlah yang ideal. Teman-teman bisa menanyakan hal ini pada dokter atau ahli gizi kepercayaan, sehingga memperoleh rekomendasi konsumsi yang baik dan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara

Deretan Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh