Mengenal Khasiat Kunyit Asam untuk Meredakan Penyakit

 


Kunyit asam adalah minuman tradisional atau jamu yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa. Di Indonesia, kedua rempah ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga diolah menjadi minuman yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran jasmani.

Bercerita Indonesia, terdapat banyak wisata liburan di negara tercinta Indonesia. Jika tertarik, Anda bisa melihat harga beserta tujuan yang anda inginkan di Mari Liburan. Tidak hanya itu, Mari Liburan juga menyediakan layanan pembayaran, seperti tagihan listrik, BPJS Kesehatan, dan lainnya.

Kunyit biasa digunakan sebagai bahan masakan, seperti kari dan soto. Namun siapa sangka, selain bisa diolah menjadi masakan, rempah berwarna kuning oranye ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat.

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Melawan infeksi

Kunyit mengandung zat yang dapat melawan jamur, parasit, virus, dan bakteri. Dengan kata lain, kunyit dapat Anda manfaatkan untuk mencegah dan melawan terjadinya infeksi.

Untuk mengobati luka atau luka bakar, kunyit harus dihaluskan dan dijadikan pasta atau bubur yang kemudian dioleskan pada luka, bukan berupa minuman kunyit asam.

2. Melindungi usus dan lambung

Kunyit juga dipercaya baik untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Kunyit yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung.

3. Memiliki efek anti kanker

Zat aktif pada kunyit, yaitu kurkumin, memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan tumor dan sel kanker, terutama kanker kolorektal. Namun, efek ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan kunyit sebagai obat.

4. Meringankan peradangan

Kunyit memiliki efek antiradang berkat kandungan kurkuminnya. Selain dapat mengurangi peradangan, kunyit juga dapat mengurangi nyeri akibat penyakit tertentu, seperti radang sendi dan penyakit autoimun.

Akan tetapi, efektivitas dan efek samping penggunaan kunyit sebagai obat untuk mengobati penyakit akibat peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mengurangi kolesterol

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kunyit atau suplemen kurkumin mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini baik untuk mencegah penyakit jantung dan membantu mengurangi kadar kolesterol pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.

6. Mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia

Pada otak penderita penyakit Alzheimer, terdapat perkembangan protein abnormal yang disebut beta-amyloid. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kurkumin dapat mencegah pertumbuhan protein tersebut, jika dikonsumsi bersama vitamin D.

Namun sayangnya, kurkumin dinilai tidak dapat menyembuhkan gejala-gejala penyakit Alzheimer apabila seseorang sudah terlanjur menderita penyakit ini.

7. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah asam memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes, tidak terkecuali kunyit yang mampu menurunkan kadar gula darah. Manfaat ini adalah efek dari sifat antiinflamasi kunyit dan asam. Ketika peradangan di tubuh mereda, tubuh dapat merespon hormon insulin dengan lebih baik sehingga glukosa di tubuh bisa diambil menjadi energi.

Selain itu, kunyit juga memiliki enzim alpha-amilase yang mampu menghentikan penyerapan karbohidrat. Oleh sebab itu, kunyit asam sering direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Ramuan Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Tubuh

Resep Jamu Temulawak Untuk Asam Lambung

Selamat Datang di Blog Jamu Tradisional Nusantara